Gunung Bawakaraeng Sang Gunung Mulut Tuhan

Gunung Bawakaraeng

 

Gunung Bawakaraeng berada di wilayah kabupaten gowa, sulawesi selatan gunung ini memiliki ketinggian 2830 mdpl.merupakan gunung tertinggi ke lima di provinsi Sulawesi selatan secara ekologis gunung ini memiliki posisi penting bagi kehidupan di sekitar karena menjadi sumber penyimpanan air untuk kabupaten gowa.
Pada tanggal 26 maret 2004 gunung ini pernah mengalami longsor yang saat itu menewaskan sekitar 30 penduduk dan merusak areal persawahan,ladang dan sungai sehingga membuat luas sungai jadi mengecil dan setiap musim penghujan menjadikan lumpur lumpur yang ada di gunung bawakaraeng ini jadi masuk di bendungan bili bili (bendungan terbesar di sulawesi selatan) yang hingga saat ini membuat areal di gunung bawakaraeng ini menjadi labil.

LEGENDA

Menurut cerita gunung bawakaraeng memiliki arti tersendiri yaitu Bawa yang artinya Mulut dan Karaeng yang berarti Tuhan jadi secara istilah gunung ini berarti Gunung Mulut Tuhan. mereka meyakini bahwa gunung ini dulunya di jadikan tempat pertemuan para wali, para penganut keyakinan juga menggunakan puncak gunung bawakaraeng ini di jadikan untuk menjalankan ibadah Haji seperti di tanah suci pada musim haji, adapun tepat tanggal 10 zulhijjah merekapun melakukan salat idul adha di puncak gunung bawakaraeng atau di puncak gunung lampobattang.

Gunung Bawakaraeng

JALUR PENDAKIAN

Jalur pendakian di mulai dari sebuah dusun bernama dusun lembana yang berada di kaki pegunungan bawakaraeng. untuk menuju puncak gunung bawakaraeng ini kalian harus meliwati 10 pos dengan medan yang bermacam - macam. setelah kalian meliwati 10 pos maka nanti di puncak kalian akan di kejutkan dengan sumber air yang menyerupai sumur dengan air yang bersih, maka dari itu di sekitar sini banyak untuk di jadikan mendirikan camp.

Gunung Bawakaraeng

Jika kalian saat ini berada di sekitar makasar adalah pilihan yang bagus untuk melakukan pendakian di gunung bawakaraeng ini anda akan di suguhkan pemandangan yang lumayan bagus dan melihat matahari terbit dari puncak gunung ini akan memanjakan mata anda
Sekian saja informasi saya tentang gunung bawakaraeng, semoga bisa memberikan sedikit refrensi buat anda yang akan melakukan pendakian di gunung ini.so tetap hati hati teman. Salam Lestari

Baca Juga Indahnya Sunrise Gunung Cikuray

Related

GUNUNG 6926821646751519964

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

item